Strategi Artikel Marketing untuk Meningkatkan Traffic

Sekarang kami akan jelaskan terkait dengan Strategi Artikel Marketing untuk Meningkatkan Traffic. Pada dasarnya article marketing adalah istilah dimana Anda menggunakan artikel untuk mendatangkan free traffic ke website Anda. Internet adalah gudangnya informasi sehingga banyak orang bila mencari suatu informasi yang dibutuhkan, mereka mencarinya ke internet. Disanalah artikel menempati peranannya karena artikel memberikan sebuah informasi yang dibutuhkan orang lain.

Strategi Artikel Marketing untuk Meningkatkan Traffic

Artikel ini bisa Anda tulis sendiri ataupun Anda outsource ke orang lain untuk menulisnya. Triknya adalah artikel Anda dipasang bukan di website Anda tetapi dipasang di website high traffic yang ‘disenangi’ Google sehingga bisa mudah mendapatkan ranking tinggi untuk long tail keyword yang Anda targetkan.

Satu hal yang Anda perlu tahu adalah lebih mudah bagi sebuah website high traffic yang sudah terkenal, mapan dan sering di-update untuk mencapai ranking tinggi di search engine dibandingkan website yang masih baru, tidak dikenal dan relatif jarang di update.

Jadi urutan prosesnya adalah seperti di bawah ini:

  1. Pasang artikel Anda di high traffic website
  2. Artikel muncul di Search Engine Result untuk long tail keyword
  3. Visitor membaca artikel Anda dan klik hyperlink di bawah artikel
  4. Visitor tiba di website Anda

Jadi tujuannya tetap mendatangkan traffic ke website Anda, tetapi tidak secara langsung dari search engine melainkan melalui website lain yang lebih populer, lebih terkenal dan disenangi google. Dalam hal ini Anda menggunakan leverage dari website lain.

Artikel yang digunakan untuk article marketing umumnya tidak terlampau panjang, umumnya sekitar 500-700 kata sudah cukup. Artikel yang dibuat umumnya spesifik dan mentargetkan keyphrase atau keyword-keyword tertentu, umumnya adalah long tail keyword atau keyword yang terdiri dari 3 kata atau lebih. Target keyword umumnya dicantumkan di judul artikel.

Sebagai contoh jika Anda search di google tentang suatu keyword dalam tampilan pertama ini tidak ada tampilan web pribadi penulis tetapi kebanyakan web-web yang mempunyai traffic tinggi. Itulah yang dimaksud article marketing. Contoh web yang menyediakan article marketing yaitu contohnya web articlebase.com, EzineArticles.com dll.

Jadi Anda bisa membuat artikel yang ditempatkan di article directory untuk meningkatkan traffic web Anda. Website high traffic apa yang bisa dipasangi artikel Anda? Ada banyak sekali di internet sebenarnya, berikut di antaranya:

  • Article Directory : EzineArticles.com, GoArticles.com, ArticleBase.com, ArticleDashboard.com dan ratusan article directory lainnya.
  • Free Blogging Platform seperti Blogger.com, Wordprecom dan lainnya.
  • Squicom
  • Hubpagecom
  • Dan masih banyak lagi

Article directory hanya cocok untuk target market luar negeri karena semua article directory yang populer hanya menerima artikel bahasa inggris. Jika Anda memiliki target dalam negeri maka lebih bagus jika artikel Anda di pasang di free blogging platform seperti Blogger.com dan WordPress.com

Ada banyak software yang dijual diluar sana yang bisa melakukan submitting atau mengirim artikel Anda ke ratusan directory secara otomatis. Anda mungkin berpikir wah ini bagus, kalau dua article directory seperti ArticleBase.com dan EzineArticles.com bisa muncul di top 10 result, jika mengirimkan artikel ke ratusan article directory, bisa-bisa top 10 result google semuanya adalah artikel Anda. Kenapa?

Yang pertama adalah Google tidak sebodoh itu. Yang kedua, mengirimkan atau submit artikel ke banyak article directory umumnya digunakan untuk mendapatkan one-way backlink untuk keperluan SEO. Ini bukan strategi article marketing. Article directory yang berkualitas yang ‘disenangi’ google tidaklah banyak. Anda tidak akan melihat artikel Anda di ratusan directory lain muncul di google untuk top 50 atau bahkan top 100 result.

Tujuan dari article marketing adalah mengirimkan artikel ke article directory yang berkualitas, dan itu tidak banyak, yang bisa tampil di result search engine terutama top 10 result. Beberapa article directory yang top dan ‘disenangi’ google adalah seperti EzineArticles.com, ArticleBase.com, GoArticles.com dan beberapa yang lain.

Anda perlu tahu, article directory yang berkualitas seperti itu tidak menerima automatic submission yang dilakukan oleh software. Umumnya submit article harus dilakukan secara manual dan mereka memiliki tim editorial (orang sungguhan) yang mengecek kualitas artikel  yang dikirimkan. Artikel Anda bisa jadi ditolak dan harus direvisi. Itulah sebabnya article directory tersebut jadi berkualitas dan ‘disenangi’ oleh google.

Berikut beberapa tips dalam melakukan article marketing:

  1. Lakukan riset keyword dan buatlah daftar target keyword terutama long tail keyword, minimal 30 keyword yang relevan dengan website Anda.
  2. Buat judul artikel yang menarik dan sesuai dengan target long tail keyword Anda. Setiap long tail keyword, 1 judul artike.
  3. Setiap artikel yang Anda tulis harus spesifik dan to the point. Artikel yang bagus cukup sekitar 500 – 700 kata. Jangan bertele-tele dalam menjelaskan point Anda.
  4. Jika Anda ingin memasang artikel Anda di banyak website, artikel Anda perlu ditulis ulang sedikit agar menjadi unik dan agak berbeda antara satu artikel dengan artikel yang lai Search engine terutama Google menyukai content yang unik (tidak duplikat di website lain).

Untuk tutorial dasar melakukan article marketing yang spesifik untuk keperluan affiliate marketing yaitu dari riset keyword, memilih title yang bagus serta membuat resource box yang menarik, Anda bisa mempelajarinya di Burn Marketing (bahasa inggris).

Demikian info tentang Strategi Artikel Marketing untuk Meningkatkan Traffic semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.