Hal yang Terkait dengan Software Email Autoresponder

Hal yang Terkait dengan Software Email Autoresponder – Software email autoresponder yang ada saat ini sangatlah banyak macamnya. Ada yang gratisan, ada yang bayar 1 kali dan ada yang bayar tiap bulan. Ada yang diinstall di web hosting sendiri (self hosted) dan ada yang terpasang di server pihak ketiga (third party hosted).

Hal yang Terkait dengan Software Email Autoresponder

Jika Anda tidak berpengalaman dalam hal ini, sangat mudah untuk memilih software yang salah atau menjadi bingung untuk memilih mana yang bagus. Beberapa hal terkait software auto responder yaitu

1. List sama dengan asset berharga

List adalah suatu aset yang sangat berharga sehingga memilih software atau layanan autoresponder yang handal adalah SANGAT PENTING. Ini adalah tools kedua terpenting setelah web hosting. Dan sepertinya halnya web hosting, sangatlah merepotkan berpindah software atau layanan autoresponder karena rumitnya proses memindahkan list dari satu layanan autoresponder ke layanan yang lain.

Memindahkan list jauh lebih sulit dan berpotensi banyak kerugian dibanding hanya berpindah web hosting. Karena saat berpindah layanan autoresponder, Anda harus meminta semua orang di list Anda untuk melakukan konfirmasi lagi seperti saat subscribe pertama kali. Hal ini tentu akan menyebabkan Anda akan kehilangan banyak database list (orang yang tidak konfirmasi) yang bisa jadi merupakan kerugian bagi Anda.

Jadi ini adalah suatu keputusan yang berdampak jangka panjang, harus benar sejak awal, jangan sampai membuat keputusan yang salah dalam memilih software atau jasa layanan autoresponder.

Jadi Anda sangat disarankan untuk menggunakan software atau layanan autoresponder yang professional, memiliki reputasi yang bagus dan telah terbukti digunakan banyak orang. Dan itu berarti jangan gunakan yang gratisan.

Mengapa?

Software atau layanan yang gratis, sulit bisa dipertanggung-jawabkan. Penyedia layanan bisa saja berhenti dan hilang begitu saja. Ini bukan fiksi, sudah kenyataan dan sudah sering terjadi. Software gratis tidak bisa diketahui sampai kapan akan disupport dan dikembangkan oleh si pembuat software.

2. Outsource email autoresponder ke perusahaan yang fokus, kredibel dan profesional

Jika Anda adalah pemula di bisnis internet ataupun yang sudah berpengalaman tetapi tidak memiliki staf teknis yang dedicated, disarankan untuk outsource layanan email autoresponder ke pihak ketiga. Saat ingin membangun list, Anda memang mempunyai dua alternatif yaitu menggunakan software email autoresponder yang diinstall di web hosting Anda sendiri (self hosted) atau menggunakan layanan dari perusahaan penyedia jasa email autoresponder (third party hosted).

Umumnya orang yang memilih solusi self hosted adalah orang-orang yang tidak ingin terbebani biaya bulanan atau tahunan yang biasanya terjadi pada layanan autoresponder third party hosted. Mereka memilih membeli software email autoresponder dan keluar biaya 1 kali dibanding harus membayar biaya rutin per tahun.

Pebisnis internet pemula ataupun yang sudah berpengalaman tetapi tidak mempunyai 2 hal yang disebutkan di atas (dedicated server dan staf teknis yang khusus mengurusi email) maka melakukan outsource layanan email autoresponder ke pihak ketiga adalah jauh lebih efisien dan membebaskan Anda dari suatu beban yang tidak perlu sehingga bisa lebih fokus ke hal yang lebih penting yaitu marketing.

Demikian info tentang Hal yang Terkait dengan Software Email Autoresponder semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *